May 12, 2016

Pilih mana, template blog yang sederhana atau rumit?

simple blog vs kompleks blog
Blog tampilan sederhana vs rumit
Salam semuanya, kembali lagi berjumpa dengan tulisan saya -_-. Nah, kan sebelum-sebelumnya sudah membahas tentang blog, kali ini saya juga akan membahas blog juga wkwk, soalnya belum bosan buat membandingkan hal-hal yang masih tanda tanya "?". Langsung saja, sesuai judul tulisan ini, saya akan menyinggung tentang template blog. Ya, template atau kalau kita sebut tema (themes) juga boleh aka background kali (tapi keseluruhan tampilan).

Secara umum, 'template' itu banyak macamnya kalau kita cari, dari yang free, premium, responsive, diadaptasi dari bla..bla..bla, maupun dibedakan berdasarkan dari jumlah kolom (umumnya 1,2, dan 3). Dari banyaknya jenis template blog tersebut intinya cuma 1, yaitu tampilannya yang berbeda wkwk. Maka dari itu dapat lah kita simpulkan ada 2 tampilan yaitu: sederhana / simple-simple dan rumit / kompleks.

Keunggulan jika kita menggunakan template yang sederhana (simple) biasanya loading blog menjadi cepat dan lebih SEO friendly, namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa template kompleks SEO friendly juga. Sedangkan, template blog yang rumit (kompleks) biasanya akan mempunyai waktu  loading yang lama, namun memiliki keunggulan yaitu memiliki tampilan yang lebih indah dan bisa membuat pengunjung betah *betahnya bukan nunggu loading lama lho* .

Sedangkan untuk penggunaannya, saya sarankan bahwa penggunaan template sesuai dengan topik blog saja. Jika misalnya blog kita bertema tentang personal blog, berita, maupun informasi maka yang cocok menggunakan template ber-genre simple, sedangkan jika blog kita mempunyai niche tentang fashion/ desain alangkah lebih baik jika menggunakan template kompleks. Kan gak lucu misalnya ada blog tentang desain tetapi tampilannya putih polos wkwk.

Nah, dari 2 jenis template blog tersebut manakah yang anda pilih?. Pada intinya, penggunaan template itu disesuaikan dengan topik blog apa yang akan kita bahas, sehingga akan menimbulkan kesan dinamis jika diiringi penggunaan template yang tepat. O ia, perlu anda ingat ya, jangan sering ganti-ganti template blog, soalnya nanti pengunjung jadi bingung wkwk, dan mitosnya mesin pencari bisa-bisa memasukkan blog anda ke sandbox ih..ngeri karena bisa jadi akan menanggap blog yang sering berubah-rubah sebagai suatu blog "dummy". Terima kasih, maaf kalau banyak salah soalnya tulisan ngasal dari pemikiran sendiri dan tidak mencari referensi. xD.

Artikel terkait:

6 comments:

  1. ya tetep pilih yg user friendly terlpeas dari rumit atau tidaknya itu template

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, sip.. yg penting dilihat responsive templatenya juga...

      Delete
  2. oooo jadi kita harus memerhatikan template blog kita rumit atau tidak ya gan . thanks ya infonya mantapp :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, harus diperhatikan dulu sih.. pasti biasanya sering kesel kan kalau agan buka blog yang loadingnya berjam-jam wkwk

      Delete
  3. Tips yang bagus
    Saya lebih memilih template blog yang unik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia.. wkwk kalo unik berarti mending bikin sendiri :)

      Delete