May 09, 2016

Adu kekuatan blog gado-gado (umum) vs blog mie instan (khusus), enak mana ?

blog umum vs khusus
Blog gado-gado vs mie instan
Hai kawan-kawan, kali ini saya akan membahas mengenai 'gado-gado' dan 'mie instan'. Haha. namun yang akan dibahas bukan makanan sih, itu hanya perumpamaan saja, yang dibahas tetap tentang seputaran blog saja ya. Lho, kok makanan sih? Iya, soalnya biar gampang membandingkan tipe blognya (soalnya nantinya pemilihan topik diibaratkan sebagai makanan sebagai blogger dalam aktivitas blogging).

Langsung saja kita singgung tentang blog gado-gado aka campuran (umum/general). Sesuai dengan namanya, blog ini merupakan blog yang isinya multi topik, biasanya sering sekali diupdate oleh penulisnya. Karena topiknya yang banyak, maka mendapat cakupan visitor yang banyak sehingga, blog tipe/jenis ini memiliki (biasanya) Alexa rank yang langsing. Untuk kedepannya, blogger yang membangun blog dengan tema umum seperti ini akan menghasilkan banyak sekali postingan. Namun, dibalik kelebihan tersebut kelemahan dari blog ini ialah sulit dalam SEO dan memiliki pengunjung yang setia biasanya sedikit.

Blog mie instan (khusus) merupakan blog yang memiliki niche tertentu dan membahas tentang topik yang sama sampai sedetail-detailnya. Biasanya blogger yang memiliki topik khusus merupakan orang yang ahli dibidang tersebut. Untuk keunggulannya sendiri, blog yang bertopik khusus ini akan lebih mudah dalam hal SEO, sehingga lebih mudah dapat Google PR (menurut saya). Blog tipe ini juga akan mudah dalam mendapatkan visitor yang berkualitas (setia, sering datang sendiri, bahkan tak segan-segan untuk subscribe). Nah, dari kelebihan tersebut pasti ada kekurangannya, yaitu: blog jenis ini pada awalnya akan sulit mendapat visitor, dan untuk kelanjutannya nasibnya akan ada 2 pilihan, yaitu antara Lanjutkan! atau Tinggalkan! wkwk. Lanjutkan jika penulisnya merupakan orang yang ahli dalam bidang tersebut, sedangkan tinggalkan jika penulisnya merupakan orang yang *maaf* kurang ahli (ahli jadi-jadian) dalam bidang tersebut. Wkwkwk.

Nah, itu dia sudah dipaparkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, rasanya kurang "sreg" kalau tidak membahas perkara 'adsense' (duit gan -_- ). Wkwk. Kalau dari masalah adsense sendiri, manakah yang lebih cocok?. Kalau menurut saya pribadi sih dua-duanya cocok dipasang adsense, soalnya kalau sudah benar-benar jadi blog, 2-2 nya tersebut akan mendapatkan visitor yang banyak. Untuk tipe iklannya, menurut saya kalau yang tipe umum lebih cocok ke "CPM" (dibayar per tampilan) sedangkan kalau tipe khusus cocok ke "PPC" (dibayar per-klik iklan). Walupun tidak bisa menjadi acuan, namun setidaknya memang itu kelebihan masing-masing. Blog umum cocok CPM karena visitornya biasanya lebih banyak dibandingkan blog khusus, sedangkan blog khusus cocok PPC karena walaupun visitornya biasanya lebih sedikit dari blog umum, namun memiliki tampilan iklan yang tingkat relevensi yang lebih baik, sehingga pengunjungnya biasanya lebih sering melakukan klik iklan. Bagaimana?

Saya rasa sudah dulu dah penjelasan point-pointnya tetang adu kekuatan blog umum vs khusus. Setelah membandingkan kelebihan dan kekurangannya, kira-kira menang mana gan? dan kedepannya anda memilih tipe yang mana? Semua terserah agan, karena pemilihan topik tergantung pada agan sendiri sebagai pengelola.... Salam :)

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment