May 10, 2016

Postingan dan SEO, manakah yang lebih penting?

postingan vs seo penting mana?
Kualitas tulisan vs SEO
Halo semuanya... Kemarin kan sudah menyinggung sedikit tentang blog tipe gado-gado vs mie instan wkwk, nah pada kesempatan kali ini saya juga akan membandingkan kembali, tetapi kali ini topiknya tentang postingan (artikel/entri/tulisan/post) dengan SEO (Search Engine Optimization). Dari kedua hal tersebut kira-kira mana yang lebih penting ya buat perkembangan blog? Check it out!

 Kita bahas yang pertama ialah tentang postingan. Postingan merupakann suatu karangan cerita atau artikel ataupun juga sebuah coretan dari para blogger dari hasil ketikannya sendiri *bukan copy-paste*. Jika dibayangkan, jika blog itu diibaratkan sebagai pohon, maka postingan/tulisan tersebut merupakan daun-daun yang ada dipohon tersebut. Jadi, intinya bahwa daun itu merupakan komponen penting dari pohon, bayangkan jika pohon tanpa daun, maka yang terjadi tidak akan bisa fotosintesis, maka akibatnya pohon tersebut tidak berkembang, maupun bisa menjadi mati (walaupun sebagian pohon ada yang beradaptasi dengan menggugurkan daunnya, tapi pada intinya masih memiliki daun wkwk). Kalau kita terapkan ilustrasi tersebut maka, jika postingan didalam suatu blog berhenti, maka Blog tersebut tidak dapat bisa berkembang (karena tidak bisa fotosintesis eh maksudnya tidak up to date ! -_-), sehingga pengunjung akan bosan mengunjungi blog tersebut. Disamping itu banyak pengunjung itu datang merupakan dari hasil pencarian keyword postingan tersebut pada suatu search engine.
Kesimpulannya ialah postingan itu merupakan hal yang sangat penting dalam membangun suatu blog, maka saran saya ialah ciptakan konten yang unik dan yang utama jangan copy-paste :) , karena hal tersebut melanggar hukum dan juga merupakan perbuatan tidak baik, bahkan merupakan dosa. 

Nah, sekarang kita bahas tentang SEO, apakah itu? apakah itu makanan? wkwk. -_-. SEO (Search Engine Optimization) aka kalau bahasa lokalnya merupakan Optimisasi Mesin Pencari (OMP) *biar orang awam gagal paham jadi para blogger menyebutnya SEO wkwk.*. Kalau diilustrasikan jika blog itu pohon, dan postingan itu daun, maka SEO merupakan cahaya matahari (hal yang membantu fotosintesis). Wow, keren kan cahaya matahari, jadi betapa pentingnya SEO pada blog, misalnya: dalam pemilihan template, pertimbangan loading blog, backlink, etc. 
Kesimpulannya ialah SEO merupakan hal penting juga dalam membangun suatu blog, maka lakukanlah SEO seperlunya, namun jangan sampai berlebihan (blackhat) karena jika cahaya matahari terlalu panas akan membuat daun kering dan akhirnya jatuh.

Nah dari kesimpulan diatas manakah yang lebih penting? Pas saja dah, tapi kalau menurut saya yang lebih penting merupakan postingan, karena postingan inilah yang akan membawa kehidupan diblog, dan yang akan membuat blog berkembang. Walaupun pada intinya SEO juga merupakan agen yang vital bagi blog (Pohon + daun = fotosintesis, fotosintesis dan akan terus hidup sampai berbuah) namun akan berubah jika tiba-tiba pohon ditebang (blog diblacklist "sandbox") wkwk. Nah, jadi intinya seperti itu, kedua komponen tersebut harus melengkapi, walaupun dalam True Story, blog yang tidak dioptimisasi SEO juga bisa berkembang. 

Oke, sekian dulu ya, postingan kali ini. Maaf jika banyak salah kata, dan kurang menarik, maupun banyak yang gagal paham dengan ilustrasinya soalnya yang menulis juga pikiran sambil pusing-pusing gimana, dan masih newbie. Salam.

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment