May 13, 2016

Keuntungan membuat blog dengan konten original

blog dengan isi asli
"Original" content aka Asli
Sekarang ini semakin banyak jumlah blog-blog yang ada didunia, bukti dari banyaknya blog dapat saya lihat dari jumlah Alexa rank yang menentukan peringkat suatu blog/website maupun dari pencarian Google yang pada saat pencarian muncul jumlah site yang terindeks dengan kata kunci tertentu. 

Bicara tentang menjamurnya blog/website dengan beragam topik dan pembahasan, tentu dibenak saya timbul pertanyaan, apakah semua web/blog tersebut berkualitas? dan apakah semuanya itu kontennya benar-benar asli (ketikkan bloggernya langsung)?.

Setelah, timbul pertanyaan-pertanyaan tersebut akhirnya muncul dah ide bikin postingan ini wkwk, padahal sebelumnya bingung mau posting apaan. Ternyata dari survei penelusuran yang saya lakukan digoogle, seringkali menemukan bentuk konten yang mirip. Mirip disini bukan artian mirip tetapi beda (hanya kutipan/referensi), namun mirip *plek jiplek* sekali dengan postingan yang perah saya baca sebelumnya cuma beda waktu publikasinya. Apakah itu yang dinamakan artikel KW?

Sebenarnya, konten asli pada suatu blog itu sangat bermanfaat bagi pembacanya karena pasti sebelumnya para pembacanya belum pernah melihat pembahasan yang ada diartikel tersebut. Atau, walaupun sudah pernah dengar namun disajikan dengan kata-kata yang berbeda sehingga pengunjung akan berminat membaca lagi. Disamping itu, apa sih keuntungan dari blog yang membuat konten asli?

Keuntungan bagi blogger/penulis yang menulis original content biasanya ialah mendapat kepuasan karena tulisannya tersebut ada orang yang membacanya, terlebih jika pembacanya bisa merespon dengan meninggalkan jejak/komentar (komentar relevan). Disamping itu, peran/fungsi blog sebagai media berbagi tulisan akan terlaksana seiring dengan banyaknya jumlah-jumlah postingan yang dipublikasikan. Blog yang berisi konten original juga lebih dihargai oleh pengunjung yang membacanya. Yang pasti blog dengan konten original akan membuat blog mendapat keuntungan, walaupun dalam pembuatan konten yang original biasanya memerlukan waktu yang lebih panjang (-_-) .

Kabarnya, sekarang ini algoritma Google (Google Panda kalo gak salah) dalam menentukan pagerank sangat ketat, dan dalam kasus ini kualitas konten lebih diutamakan daripada backlink. Kalau dahulu backlink sangat berperan sekali dalam rank (sehingga banyak orang berburu backlink), namun pada saat ini, backlink hanya sekedar link yang hanya akan membawa traffik ke blog (jadi masih berpengaruh terhadap SEO). Katanya juga, jika ada salah satu postingan dalam suatu blog yang copas (Copy-Paste) walupun cuma sedikit persentasenya itu akan membuat kualitas suatu website/blog akan jatuh dimata search engine. Jadi, kalau ada posting blog yang kurang bermutu lebih baik dihapus. Parahnya lagi, jika suatu blog/website berisi konten copas, maka kapan-kapan blog tersebut bisa terkena penalty oleh Google (walaupun biasanya masih jarang/ masih sekedar peringatan). Jadi, kesimpulannya mari kita budayakan membuat konten blog yang original ya, mari budayakan menjadi blogger yang baik! :)


Artikel terkait:

4 comments:

  1. kalo copas nanti bisa dilaporin orang dan konsekuensinya dibannned google gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, bener sekali gan... Makanya perlu was-was kalau yang blognya copas. Tp ane heran kalau blog copas itu lebih banyak pengunjungnya gan, ato mungkin cuma diawal-awal aja ya pada saat belum ketahuan?

      Delete
  2. betul gan. kadang suka eneuk kalo artikel blog ada yg copas. jangan lups mampir ke sini gan sempak dot lol ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, emang nyebelin kalo ada copas...

      Delete