May 18, 2016

Apakah kita bisa mengendalikan mimpi?

lucid dream
Mengendalikan mimpi (lucid dreams)
Mungkin kalian semua sudah pernah merasakan mimpi, entah itu mimpi yang menyenangkan, menyedihkan, maupun horor seperti yang di film-film. Di dalam mimpi tersebut pasti biasanya kita sering merasakan bahwa mimpi yang kita alami terasa sangat nyata. Misalnya, mimpi dikejar-kejar hantu biasanya waktu terbangun kondisi tubuh akan kaget dan bercucuran keringat.

Mungkin kalau mimpi yang menyenangkan tak jadi masalah, namun jika misalnya mimpinya menakutkan, apakah kita sanggup? wkwk. Mungkinkah kita bisa mengendalikan mimpi sehingga alur ceritanya seperti yang kalian inginkan? Mari kita simak.

Seperti kita ketahui, bahwa mimpi merupakan bunga tidur (terjadi saat kita dalam kondisi tidur) atau lebih tepatnya bahwa mimpi merupakan pengalaman bawah sadar yang kita alami pada saat tidur dalam kondisi "Rapid Eye Movement"(REM). Nah, pada saat bermimpi tersebut seakan-akan indra kita aktif, sehingga akan terasa sangat nyata. Bahkan saking terasa nyatanya, kalau mimpi banjir jadinya 'ngompol' dikasur wkwk :).

Mimpi sendiri sebenarnya bisa dikendalikan lho. Belakangan ini diketahui bahwa mimpi sebenarnya bisa kita atur sesuka hati (mimpi sadar). Pasti kalian pernah kan mengalami mimpi yang kemudian waktu ditengah mimpi tersebut ada hal yang janggal dimimpi dan kalian sadar bahwa kalian sedang bermimpi?. Misalnya ada suatu ketika mimpi tentang kalian telat bangun kesekolah, namun saat lihat dimimpi tersebut ada jam dinding dikamar tersebut,lho kok jamnya berhenti? san seketika langsung dapat disadari kalau itu mimpi. Contoh lain, misalnya anda sedang mimpi dikejar-kejar hewan buas, seketika kalian berada diujung pulau, dan seketika anda menceburkan diri ke laut, eh ternyata masih bisa bernapas, dan saat itu pasti kalian akan sadar kalau itu cuma mimpi.

Mimpi sadar atau istilah kerennya yaitu "Lucid dream" merupakan mimpi yang keberadaannya dapat kita sadari dan pada saat itu kalian bisa mengendalikan mimpi tersebut. Lucid dream ini cukup bisa memberikan hiburan kalau kita berhasil melakukannya. Namun, dapat berefek negatif jika kita salah gunakan dan berakibat akan malas didunia nyata (karena dapat dilakukan didunia mimpi). Namun, jika penggunaannya benar, lucid dream ini bisa sebagai inspirasi maupun motivasi lho...Apakah anda ingin mencobanya?

Ada banyak cara untuk melakukan lucid dream, namun pada intinya bahwa kita harus sebisa mungkin menyadari keberadaan mimpi tersebut. Nah, menurut saya latihan yang cocok buat melatih kemampuan lucid dream yaitu dengan sering-sering melakukan "reality check". Reality check tersebut bisa berupa tes dengan dicubit apakah akan sakit? kalau sakit secara nalar berarti nyata, namun kalau mimpi biasanya walaupun dicubit tidak akan terasa sakit. Nah, reality check ini berguna agar kita bisa mengenali yang mana mimpi dan yang mana bukan mimpi.

Sekian dulu ya? diskusi kali ini tentang mimpi. Mungkin kalau sudah handal dalam melakukan lucid dream, kalian bisa membuat cerita mirip yang di film "Inception".. wkwk.

NB: mimpi yang dimaksud disini merupakan mimpi yang terjadi saat kita tidur, bukan mimpi yang artinya cita-cita, harapan, ataupun khayalan yang kita inginkan dimasa depan. Mimpi disini juga dibahas berdasarkan ilmiah (sains), dan bukan berdasarkan teori Agama. makasih.

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment